PENEMU MESIN 4 TAK NICOLAUS OTTO
Penemu mesin 4 tak yaitu Nicolaus Otto.
Penemu mesin pembakaran dalam ini lahir pada 14 Juni 1832 di Jerman, lebih
tepatnya di Holzhausen. Penemuan mesin 4 tak oleh otto berdasarkan atas
penemuan mesin 2 tak yang menggunakan bahan bakar gas yang ditemukan oleh
Etiene Lenoir. Hal tersebut membuat Otto terus berfikir bila saja menggunakan
bahan bakar cair, maka mesin 2 tak tersebut akan mudah di operasikan.Sehingga
Otto membuat rancangan karburator dan di patenkan, namun rancangannya tersebut
di tolak oleh lembaga paten, karena ada alat yang sama pernah di rancang oleh
orang lain. Sebelum membahas lebih jauh tentang Otto, kita akan sedikit
membahas tentang perjalanan hidup Otto.
Awalnya otto bekerja menjadi seorang sales
yang menjual teh, gula dan kopi, lalu berhenti pada tahun 1864. Otto lebih
menekuni penemuannya, sehingga ia mulai bermimpi dan mendirikan Engine
Manufacturing Company N.A & Otto, yang merupakan perusahaan atau pabrik
pertama yang memproduksi mesin pembakar dalam di Jerman. Otto terus menekuni
serta menyempurnakan penemuan Entiene Lenoir. Pada tahun 1862, Otto telah
membuat model mesin baru yang bekerja atas dasar empat dorongan putaran dan
sudah mulai membuat jenis mesin tersebut.
Otto sempat mengalami kesulitan pada sistim
pembakaran supaya dapat menggerakan mesin lebih praktis, sehingga ia
meninggalkan projek mesin 4 tak dan mulai ingin menyempurnakan mesin 2 tak yang
di gerakkan dengan bahan bakar gas, dan hasil kerja kerasnya telah di patenkan
pada tahun 1863. Pada tahun yang sama ia bertemu dengan patnernya seorang
pengusaha gula bernama Eugenne Langen yang membiayai semua penelitian dan
ciptaannya.
Sebagai lelaki muda ia mulai percobaan dengan
mesin gas dan pada 1864 ikut serta dengan 2 kawan untuk membentuk perusahaannya
sendiri. Perusahaan itu dinamai N. A. Otto & Cie., yang merupakan
perusahaan pertama yang menghasilkan mesin pembakaran dalam. Perusahaan ini
masih ada sampai kini dengan nama Deutz AG.
Pada tahun 1867 mesin sistim dua dorongan
putaran yang menggunakan bahan bakar gas telah mendapat medali dalam WORD FAIR
yang di adakan di Paris. Pada tahun 1872, Otto merekrut seorang enginner muda
bernama Gottlieb Daimler. Kerjasama mereka mampu memajukan pabrik yang sudah di
dirikan. Selanjutnya mesin Otto telah menjadi pelopor pembuatan mobil Gottlieb
Daimer dan Karl Benz.
Mobil Daimer yang pertama di buat memiliki
kekuatan 6 tenaga kuda, dan di jual kepada Pangeran Wales. Selanjutnya mobil
Benzine Buggy telah di patenkan pada tahun 1895. Meskipun telah mendapat benyak
keuntungan dari penjualan mesin 2 tak tersebut, tidak membuat Otto melupakan
mimpinya tentang mesin 4 tak yang mengompres campuran bahan bakar minyak dan
udara sebelum terjadi pembakaran yang dapat menjadi tenaga pendorong putaran.
Pada tahun 1876 ia telah berhasil menciptakan
model mesin 4 tak yang pertama, dan hak patennya telah diperoleh setahun
kemudian. Paten Otto dibuat tak berlaku pada 1886 saat ditemukan bahwa penemu
lain, Alphonse Beau de Rochas, telah membuat asas putaran 4 tak dalam selebaran
yang diterbitkan sendirian.
Mesin
4 tak mendapat respon yang sangat baik, dalam waktu 10 tahun telah terjual
lebih dari 30.000 mesin, hal tersebut membuat mesin tipe Leonir menjadi
tersisih. Pada tahun 1886, penemuan Otto sempet diperkarakan oleh orang
Perancis yang bernama Alphonse Beau de Rochas, karena memiliki ide yang sama di
tahun 1862. Namun Alphonse tidak dapat dianggap sebagai penemu mesin 4 tak
karena tidak pernah dipublikasikan dan di pasarkan, meskipun sudah di patenkan.
Otto mendapatkan ide pembuatan mesin 4 tak dari mesin 2 tak ciptaan Lenoir,
sehingga ia tidak kehilangan hak paten dan mesin buatannya masih tetap laku di
pasaran. Otto meninggal pada tahun 1891 pada usia 59 tahun.
Menurut studi sejarah terkini, penemu Italia
Eugenio Barsanti dan Felice Matteucci mempatenkan versi efisien karya pertama
dari mesin pembakaran dalam pada 1854 di London (nomor paten 1072). Mesin Otto
dalam banyak hal paling tidak diilhami dari penemuan itu.
No comments:
Post a Comment